Sponsors Link

Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Sponsors Link

Pernah nggak sih, kalian menemui bentuk seperti ini (x+6). Bentuk seperti itulah yang dinamakan sebagai bentuk aljabar. Jadi, bentuk aljabar itu adalah suatu bentuk matematika yang di dalamnya memuat beberapa huruf yang mewakili suatu bilangan yang belum diketahui. Nah, biasanya tugas kitalah yang mencari bilangan yang belum diketahui tersebut, atau (x).

Sponsors Link

Kenapa kita perlu mempelajari bentuk aljabar? Karena, dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menerapkan operasi hitung bentuk aljabar ini kawan. Sesuatu atau kebutuhan atau juga pengeluaran yang belum kita ketahui, nantinya bisa kita cari dengan menggunakan operasi hitung bentuk aljabar ini. Maka dari itu, mari kita belajar operasi hitung bentuk aljabar! (Baca juga: Rumus Akar Kuadrat)

Tak hanya, huruf (x) yang digunakan dalam operasi hitung aljabar. Kamu juga akan menemukan berbagai huruf yang ada di dalam operasi hitung tersebut. Seperti (p), (y), (x), dan yang lainnya. Nah, huruf-huruf itulah yang disebut sebagai variabel.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur bentuk aljabar ini terdiri dari variabel, konstanta, dan koefisien. Mari kita bahas lebih lanjut. (Baca juga: Rumus Peluang)

Variabel, Konstanta, dan Faktor

Sebelum kita membahasnya, coba kita perhatikan bentuk aljabar berikut:

6x + 4y + 9x – 7y + 10

Pada bentuk aljabar tersebut, huruf x dan y disebut sebagai variabel. Jadi, dapat dikatakan bahwa variabel adalah lambing atau huruf yang perannya sebagai suatu bilangan yang belum diketahui. (Baca juga: Rumus Turunan)

Sedangkan untuk bilangan 9, dise3but sebagai konstanta. Jadi, dapat dikatakan bahwa konstanta merupakan suku atau suatu bilangan yang tidak memuat variabel.

Lain halnya dengan,

a = p + q

Dengan syarat a, p, dan q adalah bilangan bulat. Maka dapat dikatakan bahwa p dan q adalah faktor-faktor dari a. (Baca Juga: Rumus Matriks)

Jika kita telisik dari bentuk aljabar di atas, 6x dapat diuraikan menjadi,

6x

= 6 dikali (x)

Atau

6x

= 1 dikali (6x)

Jadi, dapat dikatakan bahwa faktor-faktor dari 6x adalah 1, 6, x, dan 6x.

Adapun dalam btnuk aljabar terdapat koefisien yang merupakan faktor konstanta dari suku pada bentuk aljabar. Coba perhatikan koefisien masing-masing suku pada bentuk aljabar ini: (Baca juga: Sifat-sifat Lingkaran)

6x + 4y + 9x – 7y + 9

Dikatakan bahwa koefisien pada suku 6x adalah 6, pada suku 4y adalah 4, pada suku 9x adalah 9, dan pada suku -7y adalah -7.

5x + 3y + 8x – 6y + 9. Koefisien pada suku 5x adalah 5, pada suku 3y adalah 3, pada suku 8x adalah 8, dan pada suku –6yadalah -6.

Itulah penjelasan sedikit mengenai operasi hitung bentuk aljabar. Semoga dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Baca juga: Operasi Hitung Bilangan)

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 09:58 Oleh :
Kategori : Aljabar