Sponsors Link

Rumus Akar Kuadrat Terlengkap

Sponsors Link

Rumus Akar Kuadrat, Persamaan kuadrat merupakan bentuk persamaan yang pangkat paling besarnya adalah 2 (kuadrat). Bentuk umum dari persamaan kuadrat adalah ax² ± bx ± c = 0 dengan ketentuan a ≠ 0. Pada komponen bentuk umum persamaan kuadrat, x adalah variabel, a dan b adalah koefisien, dan c adalah konstanta, dengan syarat a, b, dan c adalah bilangan real.

Sponsors Link

Contoh konkrit dari persamaan kuadrat misalnya 2x2 – 7x + 4 = 0.
Nilai masing-masing koefisien maupun konstanta dari contoh tersebut adalah
a = 2
b = -7
c = 4

Berikut Artikel yang sangat membantu anda untuk mendalami matematika :

[accordion]
[toggle title=”Matematika Dasar”]

[/toggle]

[toggle title=”Rumus”]

[/toggle]
[/accordion]

Penyelesaian Persamaan Kuadrat

Penyelesaian persamaan kuadrat dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu memfaktorkan, menentukan akar-akar persamaan kuadrat, dan menggunakan rumus.

Memfaktorkan

Dalam penyelesaian persamaan kuadrat, memfaktorkan merupakan cara untuk menentukan dua akar dari sebuah persamaan kuadrat. Akar-akar tersebut biasanya dinotasikan dengan x1 dan x2. Untuk lebih memahami cara memfaktorkan, di bawah ini disajikan penjabaran mengenai metode pemfaktoran.
Pemfaktoran dilakukan dengan cara mengubah bentuk umum ax2+ bx+ c= 0 menjadi bentuk faktor (x ± α) (x ± β) = 0. Langkah-langkah penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

  • Ubah ke bentuk faktor (x ± α) (x ± β) = 0
  • Tentukan akar-akarnya dengan (x ± α) = 0 atau (x ± β) = 0 , sehingga akar-akarnya x1 = α atau x2= β.
    Contoh:
    x2 + 5x – 36 = 0
    a = 1 ; b = 5 ; c = – 36
  • Objek perkalian yang menghasilkan angka konstanta c atau -36 salah satunya adalah 9 x -4. Angka tersebut dipilih karena ketika dijumlahkan, 9 + (-4) = 5. Lima merupakan koefisien dari b. Maka, bentuk faktornya menjadi (x + 9) (x – 4).
  • Faktornya adalah (x + 9) (x – 4). Penentuan akarnya dilakukan dengan cara di bawah ini:
    x + 9 = 0                    x – 4 = 0
    x = -9                         x = 4
    Maka, akar-akarnya adalah x1 = -9 atau x2 = 4

Menentukan Akar Akar Persamaan Kuadrat

Cara kedua yakni dengan melengkapkan kuadrat. Cara ini dilakukan dengan mengubah persamaan kuadrat ke bentuk faktor x2 + b/a x + (b/2a)2 = (b/2a)2 – c. Untuk lebih memahami, simak contoh soal di bawah ini.
x2 + x – 6 = 0
a = 1 ; b = 1 ; c = -3
Ubah persamaan tersebut ke bentuk:
x2 + b/a x + (b/2a)2 = (b/2a)2 – c
x2 + 1/1 x + (1/2)2 = (1/2) 2 – (-6)
x2 +  x + (1/2)2 = ¼ + 6
(x + ½)2 = 25/4
x + ½ = ± 5/2
x = ± 5/2 – ½
Maka,
x = 5/2 – ½ = 4/2 = 2 atau
x = -5/2 – ½ = -6/2 = -3.

Hasil akhirnya adalah x1 = 2 atau x2 = -3.

Sponsors Link
  • Menggunakan Rumus

RUMUS ABCCara terakhir adalah dengan menggunakan rumus yang biasa disebut dengan Rumus ABC. Langkahnya adalah mengubah persamaan kuadrat ke dalam bentuk rumus ABC.

Rumus-rumus di atas merupakan rumus-rumus dasar dalam persamaan kuadrat. Masih banyak lagi berbagai rumus yang menjelaskan lebih detail dalam persamaan kuadrat.

Bahkan, rumus persamaan kuadrat ini bukan hanya berguna dalam ilmu matematika saja, melainkan juga bisa digunakan dalam ilmu akuntansi juga sesuai tempatnya.

Contoh penyelesaian persamaan kuadrat menggunakan rumus ABC adalah sebagai berikut:
x2 + 2x –8  = 0
a = 1 ; b = 2 ; c = -8

Jadi, akar-akarnya adalah x1 = 2 atau x2 = -4

penyelesaiian

Disamping ini adalah cara untuk menyelesaikan dengan menggunakan rumus ABC. Dengan mudah untuk di pelajari dan bisa di jadikan sebagai panduan anda untuk menyelesaikan tugas – tugas anda yang menggunakan rumus ABC tersebut.

Kamu bisa mempelajari lebih detil lagi rumus-rumus matematika lainnya di web ini. Bahkan, rumus persamaan kuadrat ini dapat kamu terapkan di kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa menentukan suatu bilangan yang belum diketahui. Sehingga persamaan kuadrat ini, jika kamu pelajari dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari seperti menghitung pengeluaran dan pemasukanmu. Atau bahkan menghitung budgeting keseharianmu.

Dengan kata lain, rumus persamaan kuadrat ini masih melekat dalam kehidupanmu sehari-hari, khususnya di dunia akuntansi yang mana sering menghitung beberapa laporan keuangan yang mungkin ada beberapa transaksi keuangan yang belum diketahui dan masih tanda tanya. Dengan rumus persamaan fungsi kuadrat ini, kamu bisa mengetahui, berapa nilai x, nilai y, hingga nilai z.

Sehingga perlu kamu pelajari beberapa rumus dasar di atas. Berikut adalah penjelasan persamaan akar kuadrat yang sangat simple dan mudah dipahami dengan cepat. Artikel ini sangat ampuh dan cocok untuk anda yang ingin cepat mahir dalam menghafal rumus dan proses pengerjaan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 12th, May 2017 / 07:15 Oleh :
Kategori : Rumus